Sabtu, Juli 11, 2009

RPP AQIDAH AKHLAK

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Madrasah : MTs NU Putra 1 Buntet Pesantren
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester : VII / Ganjil
Alokasi Waktu : 6 JP x 40 menit

A. Standar Kompetensi
Memahami Sifat-sifat wajib, mustahil dan jaiz bagi Allah SWT
B. Kompetensi Dasar
Menjelaskan Pengertian sifat wajib, mustahil dan jaiz bagi Allah SWT
C. Indikator
• Siswa menyebutkan sifat-sifat wajib, mustahil dan jaiz bagi Allah SWT
• Siswa mengklasifikasikan sifat wajib Allah yang nafsiah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah
• Siswa membaca ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat wajib, mustahil dan jaiz bagi Allah SWT.
D. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu memahami sifat-sifat wajib, mustahil dan jaiz bagi Allah SWT.
E. Materi Pembelajaran
Sifat-sifat Allah SWT
F. Metode Pembelajaran
Tanya Jawab, Diskusi kelompok, dan Ceramah
G. Langkah-langkah pembelajaran
a. Kegiatan awal (5 menit)
 Guru - siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan Basmalah dan kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran
 Siswa menyiapkan buku Aqidah Akhlak
 Secara bersama membaca materi tentang sifat-sifat Allah 5-10 menit.
 Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai
b. Kegiatan inti (30 menit)
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut :
(i) Eksplorasi
 Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang sifat Allah guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan. Contohnya : sebutkan pengertian sifat wajib, mustahil dan jaiz bagi Allah SWT.
 Siapakah diantara kalian yang sudah hafal sifat wajib, mustahil dan jaiz bagi Allah SWT ?
 Guru meminta siswa untuk membaca dalil yang berkaitan dengan sifat wajib, mustahil dan jaiz bagi Allah SWT.
(ii) Konsolidasi pembelajaran
 Guru menunjuk seorang siswa yang sudah hafal sifat-sifat Allah SWT
 Setelah para siswa membaca klasikal, guru menunjuk siswa untuk mengelompokan sifat nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah yang wajib dan mustahil bagi Allah SWT.
c. Kegiatan Akhir / penutup (5 menit)
 Guru meminta agar para siswa sekali lagi untuk membaca sifat-sifat Allah
 Guru meminta agar para siswa rajin menghafal sifat-sifat Allah SWT
 Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa
 Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas siswa menjawab salam
H. Sumber Belajar/Alat
1. Buku Aqidah Akhlak kelas VII
2. Al-Qur’an dan Terjemahnya
3. LKS Aqidah Akhlak kelas VII
4. Bagan klasifikasi sifat-sifat Allah SWT






I. Penilaian
LEMBAR PENILAIAN

No Butir-butir Soal Kunci Jawaban Skor
1. Sebutkan pengertian sifat wajib, mustahil dan Jaiz bagi Allah SWT ?  Sifat wajib bagi Allah adalah sifat yang pasti dimiliki oleh Allah
 Sifat mustahil adalah sifat yang tidak mungkin ada pada zat Allah SWT
 Sifat jaiz adalah boleh menciptakan dan tidak menciptakan makhluk 3
2. Klasifikasikan sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah  Sifat nafsiyah ada satu yaitu wujud
 Sifat salbiyah ada lima yaitu qidam, baqa’ mukhalafathu lil hawadits, qiyamuhu binafsih dan wahdaniyah
 Sifat ma’ani ada tujuh yaitu qudrat, irodat, ilmu, hayat, sama’ basher dan kalam
 Sifat ma’nawiyah ada tujuh yaitu qadirun, muridan, aliman, hayyan, sami’an bashiran dan mutakalliman 3
3. Jelaskan arti sifat ma’ani Sifat ma’ani ialah sifat wajib bagi Allah SWT yang dapat digambarkan oleh akal pikiran manusia atau sifat-sifat Allah SWT yang berhubungan dengan perbuatan-perbuatan-Nya 1
4. Sebutkan sikap dan perilaku orang yang beriman terhadap sifat wajib bagi Allah SWT yang nafsiyah dan salbiyah Sikap dan perilaku orang yang beriman terhadap sifat wajib bagi Allah SWT yang nafsiyah dan salbiyah adalah sebagai berikut :
 Jujur
 Amanah dan bertanggung jawab
 Rajin belajar dan ulet bekerja 2
5. Sebutkan pengertian sifat ma’nawiyah Sifat ma’nawiyah ialah sifat-sifat yang berhubungan dengan sifat ma’ani atau merupakan kelanjutan dari sifat-sifat ma’ani 1
Jumlah 10

Nilai =

Buntet Pesantren, Juli 2008
Mengetahui,
Kepala Madrasah, Guru Mata pelajaran,



H. UBAIDILLAH, S. Pd.I, M. M.Pd
NIP. 150 234 890


Drs. KHADZIK
NIP. -



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Madrasah : MTs NU Putra 1 Buntet Pesantren
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester : VII / Genap
Alokasi Waktu : 6 JP x 40 menit

A. Standar Kompetensi
Meyakini adanya malaikat-malaikat Allah SWT
B. Kompetensi Dasar
Menjelaskan tentang malaikat, tugas-tugas malaikat beserta dalilnya
C. Indikator
• Menjelaskan pengertian Iman kepada Malaikat
• Menyebutkan nama-nama dan tugas-tugas malaikat
• Membaca dan menterjemahkan dalil tentang adanya malaikat
D. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat meyakini dan memahami adanya malaikat-malaikat Allah SWT
E. Materi Pembelajaran
Iman Kepada Malaikat beserta dalil naqlinya
F. Metode Pembelajaran
Tanya Jawab, Diskusi kelompok, dan Ceramah
G. Langkah-langkah pembelajaran
a. Kegiatan awal (5 menit)
 Guru - siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan Basmalah dan kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran
 Siswa menyiapkan buku Aqidah Akhlak
 Secara bersama membaca materi tentang iman kepada malaikat
 Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai
b. Kegiatan inti (30 menit)
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut :
(i) Eksplorasi
 Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang Iman Kepada Malaikat, guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan.
 Beberapa orang siswa maju kedepan menjelaskan tentang pengertian malaikat
 Menyebutkan nama-nama malaikat beserta tugasnya masing-masing
(ii) Konsolidasi pembelajaran
 Guru menyuruh beberapa orang siswa yang sudah hafal nama-nama malaikat beserta tugasnya masing-masing.
 Setelah para siswa membaca secara klasikal guru menyuruh siswa menyebutkan sifat malaikat yang patut diteladani
c. Kegiatan Akhir / penutup (5 menit)
 Guru menyuruh beberapa orang siswa sekali lagi menyebutkan nama-nama malaikat beserta tugasnya masing-masing
 Guru menganjurkan agar siswa menghafal nama-nama dan tugas-tugas malaikat beserta dalil naqlinya
 Guru bersama siswa mengalhiri pelajaran dengan membaca hamdalah
H. Sumber Belajar/Alat
1. Buku Aqidah Akhlak kelas VII
2. Al-Qur’an dan Terjemahnya
3. LKS Aqidah Akhlak kelas VII







I. Penilaian
LEMBAR PENILAIAN

No Butir-butir Soal Kunci Jawaban Skor
1. Jelaskan pengertian Iman kepada malaikat Iman kepada malaikat adalah mempercaayai dan meyakini dengan sepenuh hati adanya makhluk Allah yang bernama malaikat yang diciptakan dari nur (cahaya) 2
2. Sebutkan nama-nama malaikat beserta tugasnya masing-masing Nama-nama malaikat beserta tugasnya masing-masing adalah :
1. Jibril bertugas menyampaikan wahyu kepada para Rasul dan Nabi
2. Mikail bertugas membagikan hujan dan rizki kepada semua makhluk
3. Israil bertugas mencabut nyawa semua makhluk
4. Israfil bertugas meniup sangkakala di hari kiamat
5. Raqib bertugas mencatat amal baik manusia
6. Atid bertugas mencatat amal buruk manusia
7. Munkar bertugas menanyai manusia yang sudah meninggal
8. Nakir bertugas menanyai manusia yang sudah meninggal
9. Maliq bertugas menjaga pintu surga
10. Ridwan bertugas menjaga pintu neraka 3
3. Apakah yang dimaksud dengan alam rohani Alam rohami adalah alam yang tidak dapat dijangkau oleh panca indra manusia 1
4. Sebutkan sifat-sifat malaikat Sifat-sifat adalah sebagai berikut : Mulia karena Allah memuliakannya, tawadu’, taat sepenuhnya kepada perintah Allah SWT dan tidak mendurhakai perintah Allah SWT dan selalu mengerjakan perintahNya. 3
5. Sebutkan nama lain dari malaikat Jibril Ruhul Qudus, Ruhul Amin
Jumlah 10

Nilai =

Buntet Pesantren, Januari 2008
Mengetahui,
Kepala Madrasah, Guru Mata pelajaran,



H. UBAIDILLAH, S. Pd.I, M. M.Pd
NIP. 150 234 890


Drs. KHADZIK
NIP. -


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Madrasah : MTs NU Putra 1 Buntet Pesantren
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester : VIII / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 JP x 40 menit

A. Standar Kompetensi
Meningkatkan Keimanan kepada Kitab-kitab Allah SWT
B. Kompetensi Dasar
Menunjukan nama-nama kitab Allah SWT yang dirurunkan kepada Rasul-Nya
C. Indikator
• Siswa dapat menyebutkan nama-nama kita Allah SWT beserrta Rasul yang menerimanya
• Siswa dapat menghafal dalil-dalil yang berhubungan dengan kitab Taurat, Zabur, Injil dan
Al-Qur’an
D. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat meyakini dan memahami tentang Kitab-kitab Allah SWT dan Rasul-rasul yang menerimanya
E. Materi Pembelajaran
Beriman kepada kitab-kitab Allah SWT
F. Metode Pembelajaran
Tanya Jawab, Diskusi kelompok, dan Ceramah
G. Langkah-langkah pembelajaran
a. Kegiatan awal (5 menit)
 Guru - siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan Basmalah dan kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran
 Siswa menyiapkan buku Aqidah Akhlak
 Secara bersama membaca materi tentang kitab-kitab Allah SWT selama 5-10 menit
 Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai
b. Kegiatan inti (30 menit)
(i) Eksplorasi
 Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang kitab-kitab Allah SWT. Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan. Contoh : Sebutkan nama-nama kitab yang diturunkan Allah SWT, beserta Raul yang menerimanya.
Siapa diantara kalian yang hafal nama-nama kitab Allah SWT.
 Guru meminta siswa membaca dalil yang berhubungan dengan kitab Taurat, Zabur, Injil dan Al Qur’an.
 Guru meminta siswa menjelaskan secara singkat isi kandungan kitab Taurat, Zabur, Injil dan Al Qur’an
(ii) Konsolidasi pembelajaran
 Guru menunjuk siswa yang sudah hafal nama-nama kitab Al Qur’an
 Guru memerintahkan siswa menulis dalil-dalil tentang kitab Taurat, Zabur, Injil dan Al Qur’an
 Setelah para siswa membaca secara klasikal, Guru menugaskan siswa membuat rangkuman tentang kitab Taurat, Zabur, Injil dan Al Qur’an
c. Kegiatan Akhir / penutup (5 menit)
 Guru meminta agar siswa membaca ulang nama-nam kitab Allah SWT dan Rasul yang menerimanya.
 Guru meminta agar siswa giat menghafalkan nama-nama kitab Allah SWT beserta dalil dan isi kandungannya.
 Guru mengakhiri/menutup pelajaran tersebut dengan membaca hamddalah/doa
 Guru mengucapkan salam kepada para siswa, sebelum keluar kelas, dan siswa menjawab salam
H. Sumber Belajar/Alat
1. Buku Aqidah Akhlak kelas VIII
2. Al-Qur’an dan Terjemahnya
3. LKS Aqidah Akhlak kelas VIII

I. Penilaian
LEMBAR PENILAIAN

No Butir-butir Soal Kunci Jawaban Skor
1. Jelaskan pengertian Iman kepada kiatb-kitab Allah SWT Iman kepada kitab-kitab Allah SWT adalah mempercayai dan meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah SWT telah menurunkan kitab-kitab Suci-Nya kepada Rasul-rasul pilihan-Nya 2
2. Sebutkan nama keempat kitab suci berikut Rasul yang menerimanya 1. Taurat diturunkan kepada Nabi Musa AS
2. Zabur diturunkan kepada Nabi Daud AS
3. Injuil diturunkan kepada Nabi Isa AS
4. Al Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW 2
3. Jelaskan perbedaan antara Suhuf dan Kitab a. Perbedaannya adalah sebagai berikut : Kitab merupakan Wahyu Allah SWT yang diturunkan kepada para Rasul untuk diajarkan kepada manusia, sedangkan Suhuf adalah Wahyu Allah SWT yang diberikan kepada para rasul-Nya dan tidak wajib diajarkan kepada manusia
b. Isi kitab lebih lengkap dan sempurna daripada isi Suhuf.
c. Kitab dibukukan sedangkan Suhuf tidak 3
4. Sebutkan Nabi dan Rasul yang menerima Suhuf serta jumlah Suhuf yang diterimanya Nabi Adam AS, Suhuf yang diterimanya berjumlah 10 Suhuf
Nabi Idris AS, Suhuf yang diterimanya berjumlah 30 Suhuf
Nabi Ibrahim AS, Suhuf yang diterimanya berjumlah 10 Suhuf
Nabi Syis AS, Suhuf yang diterimanya berjumlah 50 Suhuf
Nabi Musa AS, Suhuf yang diterimanya berjumlah 10 Suhuf 2
5. Pada abad keberapa kitab suci
Al Qur’an di turunkan ? Kitab Suci Al Qur’an diturunkan pada abad ke 6 Masehi 1
Jumlah 10

Nilai =

Buntet Pesantren, Juli 2008
Mengetahui,
Kepala Madrasah, Guru Mata pelajaran,



H. UBAIDILLAH, S. Pd.I, M. M.Pd
NIP. 150 234 890


Drs. KHADZIK
NIP. -


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Madrasah : MTs NU Putra 1 Buntet Pesantren
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester : IX / Ganjil
Alokasi Waktu : 12 JP x 40 menit

A. Standar Kompetensi
Meyakini adanya hari akhir dan alam ghaib yang berhubungan dengan hari akhir
B. Kompetensi Dasar
Menjelaskan pengertian beriman kepada Hari Akhir
C. Indikator
• Menjelaskan pengertian hari akhir
• Menyebutkan adanya tanda-tanda hari akhir
• Melafalkan dalil naqli adanya hari akhir
D. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat meyakini dan memahami adanya hari akhir dan alam ghoib yang berhubungan dengan hari akhir
E. Materi Pembelajaran
Beriman kepada Hari Akhir
F. Metode Pembelajaran
Tanya Jawab, Diskusi kelompok, dan Ceramah
G. Langkah-langkah pembelajaran
a. Kegiatan awal (5 menit)
 Guru - siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan Basmalah dan kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran
 Siswa menyiapkan buku Aqidah Akhlak
 Secara bersama membaca materi tentang Hari Akhir selama 5-10 menit
 Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai
b. Kegiatan inti (30 menit)
(i) Eksplorasi
 Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang Hari Akhir.
 Guru meminta siswa membaca dalil yang berhubungan dengan Hari Akhir
 Guru meminta siswa menjelaskan secara singkat tentang Hari Akhir
(ii) Konsolidasi pembelajaran
 Siswa menjawab pertanyaan dari Guru tentang materi tersebut
 Guru memerintahkan siswa menulis dalil-dalil tentang hari akhir
 Setelah para siswa membaca secara klasikal, Guru menugaskan siswa membuat rangkuman tentang Hari Akhir
c. Kegiatan Akhir / penutup (5 menit)
Mengingatkan kembali agar siswa dapat mempelajari atau mengulangi kembali pelajaran tersebut
H. Sumber Belajar/Alat
1. Buku Aqidah Akhlak kelas IX
2. Al-Qur’an dan Terjemahnya
3. LKS Aqidah Akhlak kelas IX

I. Penilaian
LEMBAR PENILAIAN

No Butir-butir Soal Kunci Jawaban Skor
1. Sebutkan tanda-tanda hari akhir Terpecahnya bulan, turunnya Dadjjal, binatang bisa bicara dengan manusia dan lain-lain 2
2. Apa arti iman kepada Hari Akhir Iman kepada hari akhir artinya mempercayai dan meyakini dengan sepenuh hati bahwa hari akhir itu pasti datang 3
3. Sebutkan nama-nama lain hari kiamat Nama lain dari hari kiamat antara lain adalah :
1. Yaumul Akhir
2. Yaumuddin
3. Yaumul Hisab
4. Yaumul Jaza 2
4. Menurut ajaran islam, dibagi berapakah kiamat itu ? jelaskan ! Kiamat dibagi menjadi 2, yaitu :
• Kiamat Sughro atau kiamat kecil
• Kiamat Kubro atau kiamat besar 2
5. Apakah alam Barzah itu ? Alam Barzah adalah Alam Kubur 1
Jumlah 10

Nilai =

Buntet Pesantren, Juli 2008
Mengetahui,
Kepala Madrasah, Guru Mata pelajaran,



H. UBAIDILLAH, S. Pd.I, M. M.Pd
NIP. 150 234 890


Drs. KHADZIK
NIP. -


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Madrasah : MTs NU Putra 1 Buntet Pesantren
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester : IX / Genap
Alokasi Waktu : 6 JP x 40 menit

A. Standar Kompetensi
Meyakini adanya Qadha dan Qadhar
B. Kompetensi Dasar
Menjelaskan pengertian Qodho dan Qodhar
C. Indikator
• Menjelaskan pengertian Qodho dan Qodhar
• Menjelaskan hubungan antara Qodho dan Qodhar
• Menjelaskan pengertian iman kepada Qadha dan Qodhar
D. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat meyakini dan memahami adanya Qodho dan Qodhar
E. Materi Pembelajaran
Beriman kepada Qodho dan Qodhar
F. Metode Pembelajaran
Tanya Jawab, Diskusi kelompok, dan Ceramah
G. Langkah-langkah pembelajaran
a. Kegiatan awal (5 menit)
 Siswa membaca kemudian guru menerangkan
 Tanya jawab tentang materi
 Memberikan materi tentang hal-hal yang harus dikuasai oleh siswa
b. Kegiatan inti (30 menit)
(i) Eksplorasi
 Guru menjelaskan kepada siswa tentang materi yang akan diajarkan
 Siswa memperhatikan dan mengajukan beberapa pertanyaan yang kurang jelas
 Memberikan materi tentang hal-hal yang harus dikuasai oleh siswa
(ii) Konsolidasi pembelajaran
 Siswa menjawab pertanyaan dari Guru tentang materi tersebut
 Guru memerintahkan siswa menulis dalil-dalil tentang Qadho dan Qodhar
 Setelah para siswa membaca secara klasikal, Guru menugaskan siswa membuat rangkuman tentang Qodho dan Qodhar
c. Kegiatan Akhir / penutup (5 menit)
Mengingatkan kembali agar siswa dapat mempelajari atau mengulangi kembali pelajaran tersebut
H. Sumber Belajar/Alat
4. Buku Aqidah Akhlak kelas IX
5. Al-Qur’an dan Terjemahnya
6. LKS Aqidah Akhlak kelas IX

I. Penilaian
LEMBAR PENILAIAN

No Butir-butir Soal Kunci Jawaban Skor
1. Jelaskan pengertian Iman kepada qodho dan qodhar Iman kepada qodho dan qodhar adalah mempercayai dan meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah SWT sejak zaman azali telah menetapkan segala sesuatu terhadap makhluknya dan menjelaskannya sesuai dengan ketepatan waktu 2
2. Sebutkan macam-macam takdir 1. Takdir Mubrom
2. Takdir Muallaq 2
3. Apakah Takdir Mubrom itu Takdir Mubrom adalah taqdir yang tidak dapat berubah karena kemauan atau usaha manusia 2
4. Sebutkan sikap positif terhadap qodho dan qodhar Sikap positif terhadap qodho dan qodhar antara lain adalah Ikhtiar, Tawaduk, Tawakal dan Tabah 2
5. Jelaskan arti Tawakal kepada Allah SWT Tawakal berarti berserah diri kapada Allah SWT setelah berusaha semaksimal mungkin 2
Jumlah 10

Nilai =

Buntet Pesantren, Juli 2008
Mengetahui,
Kepala Madrasah, Guru Mata pelajaran,



H. UBAIDILLAH, S. Pd.I, M. M.Pd
NIP. 150 234 890


Drs. KHADZIK
NIP. -

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar